All New Honda Civic Terbaik di Ajang NAIAS 2016

ALL New Honda Civic berhasil meraih penghargaan sebagai Mobil Terbaik Amerika Utara 2016 pada ajang North American International Auto Show (NAIAS) 2016 di Detroit, Amerika Serikat. Penghargaan itu diberikan oleh pihak penyelenggara di booth Honda, pada 12 Januari lalu.

Pada perhelatan yang juga dikenal dengan Detroit Motor Show itu, All New Honda Civic berhasil mengungguli dua pesaing utamanya, Chevrolet Malibu dan Mazda MX-5 Miata. Honda Civic meraih total nilai 203 yang diberikan oleh 53 juri yang terdiri dari jurnalis otomotif dari AS dan Kanada, sedangkan Malibu mendapat 181 poin dan MX-5 Miata 146.

Yang menjadi dasar penilaian dewan juri dalam penentuan juara ialah meliputi faktor inovasi (teknologi), kenyamanan, fitur keselamatan, handling, kepuasan berkendara, serta value for money.

“Penghargaan ini tentu menjadi awal yang baik untuk membuka tahun ini, khususnya di ajang NAIAS.Honda Civic merupakan model tulang punggung bagi kami. Kami pun sangat bersyukur model ini dapat diterima dengan baik sejak diluncurkan ke publik pada September 2015 lalu,” ujar Honda Division Senior Vice President and General Manager Jeff Conrad.

Ia menambahkan, anugerah itu juga merupakan penghargaan bergengsi kedua bagi Honda Civic generasi ke-10 tersebut setelah pada September lalu dinobatkan sebagai Overall Best Buy of The Year oleh Kelley Blue Book Awards.

Honda Civic generasi ke-10 sudah diperkenalkan di kawasan Amerika dan bakal menyusul ke kawasan lainnya pada 2016 ini. Honda Civic generasi ke-10 di kawasan Amerika diproduksi di dua pabrik Honda di Indiana dan Ontario untuk model sedan dan coupe.

Adapun untuk model Honda Civic Type R telah diperkenalkan lebih dulu pada ajang Geneva Motor Show 2015 dan sudah diproduksi massal pada Juli 2015 di pabrik Honda di Kota Swindon, Inggris.

Pada pameran otomotif yang berlangsung sejak 11 Januari hingga 24 Januari mendatang itu, Honda juga meluncurkan All New Honda Rid geline yang merupakan generasi kedua dan Acura Precision Concept yang tampil sebagai debutan.

Peluncuran All New Honda Ridgeline itu sekaligus menandai 10 tahun perjalanan model tersebut di kawasan Amerika. Pada tahun pertamanya, Honda Ridgeline bahkan sukses meraih penghargaan sebagai mobil truk terbaik.

Sementara itu, Takahiro Hachigo, President dan CEO Honda Motor Co Ltd mengatakan Honda telah melewati 43 tahun bersama Honda Civic pada 2015 dan meluncurkan generasi ke-10 dalam versi sedan dan coupe. Pada 2016, pihaknya bakal menambah lini produksi untuk Honda CR-V di Indiana, selain pabrik Celaya di Meksiko yang akan merakit model CR-V dan HR-V.

“Ke depan, kami akan memulai pengiriman model Honda Civic 5-door ke kawasan Amerika dari Eropa. Kami juga akan mulai menjual model terbaru kami yaitu All New Honda Clarity di Jepang dalam beberapa bulan ke depan, yang akan diikuti dengan peluncuran di Amerika,” pungkasnya.

(RO/Ton/S-5) Media Indonesia, 14/01/2016, Halaman 24